Pilkada Makassar : Amping Janji Tak Permalukan Ilham

Dipublish oleh Voucher K-vision on Jumat, 27 April 2012

http://tosulbar.com

Pilkada Makassar - Mantan Bupati Tana
Toraja dua periode Johanis Amping
Situru berjanji tak akan
mempermalukan pasangan Ilham
Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar
Mudzakkar di daerahnya saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel
mendatang.
Pernyataan Amping yang juga mantan Ketua DPD II Partai Golkar Tana Toraja itu disampaikan saat Ilham dan Aziz melakukan sosialisasi di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara,kemarin. Untuk memenangkan Ilham- Aziz di daerahnya, Amping menggalang dukungan warga melalui sukarelawan yang dibentuknya dengan nama Relawan Amping Situru (RAS) Community.

Sukarelawan itu dikendalikan putranya,Rilman Amping Situru, sedangkan Amping sebagai penasehat. Bahkan, Ilham dan Aziz yang berkunjung di kediaman Amping di Kelurahan Lamunan, Kecamatan Makale, sempat berdialog dengan pengurus sukarelawan tersebut.Pada pertemuan itu,juga dibahas agenda strategi pemenangan, terutama menggalang simpati warga Toraja yang mayoritas beragama Kristen.
“Langkah ini untuk mempertegas dukungan saya kepada duet Ilham- Aziz. Saya tidak perlu sembunyi- sembunyi untuk mendukung Ilham- Aziz,” ungkap Amping yang tak lain suamiWakil Bupati Tana Toraja Adelhied Sosang. Pada kunjungan Ilham sebelumnya, Amping dan istrinya juga berkesempatan menjamu Ilham di kediamannya.Hanya saja, sesepuh Partai Golkar itu memilih belum memberikan pernyataan dukungan saat itu.

Menanggapi dukungan Amping, Ilham mengaku sangat tersanjung. Sebagai bentuk terima kasih dan penghargaannya, Wali Kota Makassar dua periode itu secara khusus memakaikan batik corak khas Toraja berwarna biru dengan tulisan “IA kepada Amping”. “Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan beliau (Amping). Tentu mereka sangat berharap kami akan menjalankan amanah yang mulia membangun Sulsel yang lebih adil dan maju,”tutur Ilham.
Sementara Ketua RAS Community Rilman Amping Situru mengatakan, sukarelawan yang dipimpinnya sudah lama terbentuk dan targetnya melebarkan sayap hingga ke pelosok, baik di Tana Toraja maupun di Toraja Utara.

Sasaran utamanya, sebut dia,yakni menggalang segmen pemilih
pemula. Untuk konsolidasi dan koordinasi, posko RAS dipusatkan di kediaman pribadi Amping Situru.
Setelah berkunjung di kediaman Amping, rombongan pasangan yang menyebut dirinya nasionalis-religius itu melantik dan mengukuhkan tim pemenangan Ilham-Aziz For Sulsel di Hotel Pantan,Toraja.Sejumlah nama mantan tim sukses Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Pilgub 2008 ikut bergabung, seperti Ishak Bitticaca. Tim pemenangan tersebut diketuai Yusuf Biringkanae.

Acara pelantikan juga dihadiri ribuan orang, termasuk Amping Situru dan pemangku adat Bitti Kaka, yakni Mansur Baturanda yang pernah menjadi camat selama 20 tahun dan anggota DPRD dua periode. Mansur juga pernah menjadi ajudan tokoh kharismatik Qahhar Mudzakkar. Kunjungan perdana Ilham- Aziz kemarin, juga dirangkaikan dengan dialog lintas agama dengan sejumlah warga Kristen di Pusat Studi dan Pembinaan Tangmentoe.

Yang menarik, dialog tersebut difasilitasi oleh Ketua Badan Pekerja Sinode (BPS) Tana Toraja,Pendeta Musa Salusu. “Sebagai pemuka agama, kami berkewajiban menerima semua orang. Tidak boleh tebang pilih. Kami wajib mendoakan semua. Kami bersyukur Ilham-Aziz hadir membangun komunikasi lintas agama dengan warga di sini,” tutur Pendeta Musa.

Dalam dialog itu, Aziz kembali memaparkan visinya terkait pluralisme.Menurut dia, keberagaman adalah keyakinan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Masyarakat religius itu,adalah semua umat beragama taat kepada agamanya masing-masing.Jika itu terjadi, maka akan tercipta masyarakat yang berkeadilan,” ungkap Aziz yang sesekali berbahasa Toraja.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar